Tasawuf

DIDIKLAH ANAKMU DENGAN AKHLAK YANG BAIK SEJAK USIA DINI

Dalam siklus kehidupan manusia, masa kanak-kanak merupakan sebuah periode yang paling penting, namun sekaligus juga merupakan suatu periode yang sangat berbahaya, dalam artian sangat memerlukan perhatian dan kesungguhan dari orang tua atau pihak yang bertanggung jawab pada kehidupan anak. Sebab, seorang anak pada hakekatnya telah tercipta dengan kemampuan untuk menerima kebaikan maupun keburukan. Kedua orang tuanyalah yang membuatnya cenderung kearah salah satu dari keduanya. Sebagaimana dalam sabda Nabi Saw :

ما من مولود إلا يولد على الفطرة وإنما أبواه يهودانه أو ينصرانه أو يمجسانه (رواه مسلم)

Artinya : “Setiap anak dilahirkan dalam keadaan fitrah ( bersih dan suci ), maka kedua orang tuanyalah yang membuatnya menjadi Yahudi, Nasrani atau Majusi”. (HR. Muslim)

Oleh karena itu, penanaman pendidikan pada masa kanak-kanak itu sangatlah penting, agar anak memiliki bekal dalam kehidupan selanjutnya. Dan pendidikan yang relevan ditanamkan pada masa ini adalah pendidikan akhlak. Pendidikan akhlak harus dilakukan sejak dini, sebelum kerangka watak dan kepribadian seorang anak yang masih suci itu diwarnai oleh pengaruh lingkungan yang belum tentu sesuai dengan tuntunan agama.

Memang pada zaman sekarang ini, kebanyakan orang tua sudah tidak peduli dengan pendidikan akhlak anaknya. Mereka para orang tua lebih cenderung memperhatikan materialistis anak daripada memperhatikan moralitas anak. Sehingga anaknya terpengaruh oleh akhlak yang buruk. lalu ketika beranjak dewasa, mereka menjadi manusia yang tidak bermoral yang sangat sulit untuk diperbaiki. bahkan bisa jadi mereka menjadi orang yang durhaka kepada kedua orang tuanya. (na’udzubillahi min dzalik)

Maka dari itu, mari kita sebagai orang tua senantiasa mendidik anak kita dengan akhlak yang baik sehingga kelak mereka ketika dewasa menjadi orang yang baik dan dapat membahagiakan orang tuanya baik di dunia maupun di akhirat. Aamiin | Syamsul Arifin Mayhuri

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *