Berita

HIMAKA GELAR REUNI IV DAN TAHLIL AKBAR VII

Didorong oleh semangat mewujudkan tiga serangkai pengabdian yang menjadi motto Himpunan Alumni Karangdurin (HIMAKA) yang kemudian disebut dengan Trilogi Khidmat; yaitu, Khidmah li al-Ma’had, Khidmah li al-Masyayikh dan Khidmah li al-Ummah. Pengurus HIMAKA menggelar acara Reuni IV dan Tahlil Akbar VII yang dikemas dengan haul Masyayikh Pondok Pesantren Miftahul Ulum Karangdurin (PPK) bertempat di halaman depan Gedung al-Nahdlah PPK.

Dok. Media Center Karangdurin/MCK
Keterangan gambar: Alumni dan simpatisan PPK saat mengikuti acara Reuni IV dan Tahlil Akbar VII

Dalam pelaksanaan Reuni IV dan Tahlil Akbar VII kali ini, Pengurus HIMAKA menggelar berbagai rangkaian kegiatan keagamaan dan sosial kemasyarakatan. Diantaranya; kerja bakti atau bersih-bersih lingkungan PPK yang diikuti oleh sejumlah alumni dari berbagai wilayah tingkat desa dan kecamatan pada hari Jumat (10/01). Sabtu pagi (11/01) pengurus HIMAKA bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Sampang menyelenggarakan kegiatan sosial berupa donor darah di Kantor Pusat PPK yang diikuti oleh ±150 pendonor. Selain itu, pengurus HIMAKA juga menggelar tahlil Masyayikh yang ditempatkan di masjid As-Sholihin PPK dan sisir/tempat tamu khodim al-Ma’had pada malam Ahad (11/01). Acara ini dihadiri ± 600 undangan VIP dan VVIP yang terdiri dari para ulama’, Masyayikh, tokoh masyarakat dari berbagai wilayah di pulau Madura. Sedangkan pada hari Ahad (12/01) Pengurus HIMAKA menggelar acara puncak Reuni IV dan Tahlil Akbar VII yang diawali dengan acara istighatsah bersama di Astah PPK.

Dok. Media Center Karangdurin/MCK
Keterangan gambar: Suasana registrasi sebelum melakukan donor darah

Dalam acara yang dihadiri oleh ±30 undangan VIP dan VVIP yang terdiri dari para ulama’ dan masyayikh Jawa – Madura serta ±20.000 alumni dan simpatisan dari berbagai wilayah, Pengurus HIMAKA selenggarakan berbagai rangkaian kegiatan keagamaan. Di pertengahan rangkaian acara Reuni IV dan Tahlil Akbar VII tersebut juga dilaksanakan acara pelantikan pengurus HIMAKA yang baru oleh Khodim al-Ma’had PPK, KH. Ach. Fauzan Zaini. Dalam momen tersebut, beliau melantik Ketua Umum HIMAKA yang baru, KH. Moh. Ali Abd. Hakim dan kepengurusan baru HIMAKA di berbagai wilayah mulai dari tingkat desa, kecamatan, kota hingga kepengurusan HIMAKA wilayah istimewa, Malaysia.

Dok Media Center Karangdurin/MCK
Keterangan gambar: Suasana pelantikan Pengurus HIMAKA baru oleh KH. Ach. Fauzan Zaini, Khodim al-Ma’had Miftahul Ulum Karangdurin

Sementara itu, Ketua Umum PPK, KH. Moh. Khoiron Zaini, dalam sambutannya mewakili Majelis Keluarga PPK menyampaikan bahwa kedepan juga akan dibentuk kepengurusan HIMAKA wilayah istimewa yang baru di Timur Tengah, Jaddah. Beliau juga menyampaikan beberapa hal yang menjadi pesan penting bagi segenap alumni PPK, diantaranya adalah bahwa “alumni hendaknya tidak berniat boyong dari Pondok Pesantren, tetapi hanya berpindah tempat. Begitu juga keberadaan alumni di tengah-tengah masyarakat dan dimanapun berada harus menjadi perekat, seperti paku yang menghubungkan beberapa kayu hingga menjadi bangunan yang kokoh dan kuat”.

Dok. Media Center Karangdurin/MCK
Keterangan gambar,: Ketua Umum PPK, KH. Moh. Khoiron Zaini dalam memberikan sambutan.

Acara puncak dalam Reuni IV dan Tahlil Akbar VII kali ini diakhiri dengan ceramah agama oleh KH. Ahmad Hasan Zamzami Mahrus dari Pondok Pesantren Lirboyo sebagai penceramah pertama dan KH. Fuad bin Noer Hasan dari Pondok Pesantren Sidogiri sebagai penceramah kedua. Pada akhir ceramahnya, KH. Fuad bin Noer Hasan memberikan ijazah Majmu’at Aayat al-Rizqi wa Ad’iyatiha al-Makhshushah wa Asma’ al-Husna. yang disusun oleh KH. Ahmad Nawawi Hasani. Kemudian beliau menutup acara Reuni IV dan Tahlil Akbar VII dengan doa bersama. | Moh. Ali Sajuri

Dok. Media Center Karangdurin/MCK
Keterangan gambar: Ceramah agama oleh KH. Ahmad Hasan Zamzami Mahrus dari Pondok Pesantren Lirboyo, Kediri, Jawa Timur
Dok. Media Center Karangdurin/MCK
Keterangan gambar: Ceramah agama oleh KH. Fuad bin Noer Hasan dari Pondok Pesantren Sidogiri, Pasuruan, Jawa Timur

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *