Artikel

IMAM MALIK, SANG MUJTAHID YANG PRIORITASKAN AKHLAK DISAMPING ILMU

Imam Malik merupakan guru imam Syafi’i yang namanya tak kalah masyhur dari nama sang murid. Imam Malik adalah pendiri madzhab Maliki yang madzhabnya tersebar diberbagai manca negara. Dalam tulisan ini, penulis tidak akan mengulas Imam besar ini dari aspek metodologi madzhab yang dibangunnya, sebab kajian yang mengupas masalah itu sudah banyak dikupas dalam banyak artikel maupun kajian perbandingan madzhab.

Imam Malik merupakan figur ulama yang kealimannya dalam menelaah hadits Rasulullah sudah diakui oleh tujuh puluh ulama sebagaimana beliau ceritakan sendiri hal tersebut dalam penyusunan kitabnya yang fenomenal yang berjudul Al-Muwattho’. Kitab beliau ini kelak berhasil dihafalkan oleh imam Syafi’i dalam waktu singkat sebelum beliau berangkat untuk belajar pada imam Malik. Imam Syafi’i sendiri sangat menghormati gurunya itu.

Imam Malik oleh muridnya disebut sebagai guru teladan yang sangat memprioritaskan adab disamping ilmu. Beliau bukan sekedar mengajarkan materi keilmuan terhadap muridnya. Tapi beliau mengajarkan tatakrama yang sangat baik, terutama dalam proses belajar, mengajar maupun dalam menyampaikan ilmu Allah. Ada kisah yang cukup populer berkenaan dengan hal ini, suatu ketika Imam Malik pernah diminta oleh Raja Harun al-Rasyid untuk membacakan kitab Al-Muwattho’, karangannya ke Istana. Beliau menolak dengan memberikan jawaban yang cukup menarik. Kata beliau:

العلم يزار و لا يزور و إن العلم يؤتى و لا يأتي

“Ilmu itu seharusnya dikunjungi bukan mengunjungi. Ilmu itu mesti di datangi bukan mendatangi”

Penghormatan beliau memang luar biasa tinggi terhadap ilmu. Hal itu beliau terapkan sendiri dalam memberikan materi ilmu kepada murid-murid beliau. Beliau tidak sembarangan dalam menyampaikan ilmu. Beliau bersuci dulu serta memakai pakaian yang terbaik, terutama ketika akan menyampaikan hadits Rasulullah. Akhlak beliau yang agung tercermin pula dalam aktivitas beliau sehari-hari. Murid-murid beliau juga menuturkan bahwa mereka lebih banyak belajar akhlak kepada gurunya tersebut daripada ilmu.

Beliau mengedepankan akhlak disamping ilmu tanpa mengabaikan esensi dari ilmu itu sendiri, karena beliau memandang ilmu itu adalah cahaya. Akhlak adalah refleksi dari cahaya ilmu yang ada dalam hati. Kira-kira demikian untuk mengungkapkan pandangan beliau tentang ilmu. Tentang hal ini, Imam Jalaluddin Abu al-Farj bin al-Jauzi mengutip ungkapan beliau dalam kitab Shofat al-Shafwah sebagaimana berikut:

ليس العلم بكثرة الرواية وإنما هو نور يضعه الله في القلب

Ilmu itu bukanlah banyaknya riwayat, melainkan cahaya yang diletakkan Allah dalam hati.” (Imam Jalâluddîn Abû al-Farj bin al-Jauzi, Shifat al-Shafwah, hlm 361)

Pandangan beliau ini tentu sangat relevan untuk diangkat kembali diera digital ini, sebab ada banyak para pelajar yang sangat bernafsu untuk menguasai ilmu, tapi esensi dari ilmu itu sendiri sebagai cahaya tak pernah dicari, bahkan cenderung diabaikan dan tidak digemari.Wallahu a’lam.

Oleh: Moh. Jufriadi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *