Artikel

JANGAN MENYERAH!

Penulis menemukan keterangan dalam buku yang ditulis oleh KH. ISMAIL AMIN KHOLIL.

لا تحسبن المجد تمرا أنت آكله لن تبلغ المجد حتى تلعق الصبرا

Artinya:

“Jangan kau mengira kemuliaan itu bagai buah kurma yang bisa kau makan begitu saja, engkau tak akan mencapai kemuliaan itu hingga engkau mencicipi pahit dan pedihnya kehidupan” (Catatan dari Tarim. Hl 105).

Jangan mengira bahwa hidup di dunia bisa berjalan dengan mulus tanpa rintangan, tanpa cobaan dan tanpa perjuangan. Meraih kemuliaan tidak semudah yang kita pikirkan, membutuhkan mujahadah dengan konsistensi yang mapan. Apapun yang ada di dunia tidak ada yang instan semuanya membutuhkan proses yang berkepanjangan. Seperti kata semboyan “Usaha yang dilakukan tidak akan pernah menghianati kesuksesan”. Terkadang apa yang kita kerjakan pasti ada halangan yang merintang sehingga menjadikan kita putus asa dengan berbagai alasan. Kita harus ingat bahwa tidak akan pernah ada kesuksesan yang diraih dengan ketenangan. Meskipun terkadang putus asa menjadi jalan keluar bagi manusia yang gagal bertahan. Jika ada pertanyaan apakah sukses bisa diraih dengan bersenang-senang atau tanpa kesengsaraan? Ataukah kemuliaan bisa diraih dengan instan? Tentu jawabannya “Tidak”.

Dalam Al-Qur’an Allah menjelaskan:

قَالَ وَمَن يَقْنَطُ مِن رَّحْمَةِ رَبِّهِۦٓ إِلَّا ٱلضَّآلُّونَ {٥٦ }

Artinya:

“Ibrahim berkata: “Tidak ada orang yang berputus asa dari rahmat Tuhan-nya, kecuali orang-orang yang sesat”. (Q.S.Al Hijr:56)

Kepada kita, ayat di atas menegaskan untuk selalu berjuang meraih kemuliaan di dunia sehingga kelak di akhirat diliputi dengan kebahagiaan karena selamat dari siksaan yang menyakitkan. Oleh karena itu, marilah kita benahi kekurangan yang menyelimuti pikiran agar tetap Istiqamah tanpa dihantui ke-putus asa-an. Semoga Allah selalu menjaga kita di dunia maupun di akhiratnya. Aamiin ya rabbal alamin.

Satu pemikiran pada “JANGAN MENYERAH!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *