Kajian

MEMBACA KEMBALI PESAN NABI TENTANG ZAMAN FITNAH

Saat ini sosial media menjadi salah satu lahan yang seringkali dimanfaatkan orang yang tak bertanggung jawab untuk menebarkan fitnah atau hoax untuk mengelabui orang banyak serta untuk menebarkan api permusuhan dan pertentangan. Selain itu ada motif lain yang melatar belakangi skenario fitnah yang banyak dimunculkan orang belakangan ini. Fitnah tentu berdampak buruk terhadap kehidupan sosial dan agama. Terlepas dari itu, sabda-sabda nabi tentang merebaknya fitnah dibawah ini penting kita resapi bersama.

Rasulullah telah banyak memberikan pesan penting yang harus diwaspadai oleh umat Islam, terutama di zaman yang marak dengan fitnah. Sabda-sabda nabi tentang maraknya fitnah itu mungkin tengah berlangsung hari ini dan akan terus berlangsung hingga menjelang kiamat nanti.

LEBIH BAIK DIAM DI MUSIM FITNAH

عن عمار بن ياسر قال كنا جلوسا عند النبي في عدة من أصحابه – أبو بكر وعثمان وعلي وطلحة والزبير وعبد الرحمن ومعاد وحذيفة وسعد- بعد الهجرة بثمان سنين في السنة التاسعة فقال له حذيفة فذاك أبي و أمي يا رسول الله حدثنا في الفتن قال يا حذيفة أما إنه سيأتي على الناس زمان القائم فيه خير من الماشي والقاعد فيه خير من القائم والقاتل والمقتول في النار. اه مجمع الزوائد

“Wahai Hudzaifah, ingatlah … Sesungguhnya akan datang suatu masa pada manusia, dimana orang yang berdiri lebih baik dari pada orang orang yang berjalan. Dan orang yang duduk lebih baik daripada orang yang berdiri. Sedangkan orang yang membunuh dan orang yang terbunuh sama-sama masuk neraka.”

Keterangan: maksud tiga lafadz (القاعد، القائم، الماشي) di atas adalah:

  1. Duduk; meninggalkan dan menjauhi menjauhi fitnah atau tidak mendengarkannya.
  2. Berdiri; melihat dan mendengarkan fitnah tanpa mengusahakan bangkitnya sebuah fitnah.
  3. Berjalan; mengusahakan sebab-sebab yang dapat melahirkan tersebarnya fitnah.

KETIKA FITNAH SULIT DIBENDUNG

عن عباد بن الصامت قال سمعت رسول الله يقول إنها ستكون فتن لا يستطيع المؤمن أن يغير فيها بيد ولا بلسان. اه مجمع الزوائد

“Akan tiba suatu masa di mana macam-macam Fitnah tidak mampu dirubah oleh orang mu’min, baik dengan tangan ataupun dengan lisannya”

KETIKA PARA TOKOH SUDAH MENJADI BIBIT FITNAH

قال النبي يأتي على الناس زمان علماؤها فتنة وحكماؤها فتنة تكثر المساجد والقراء حتى لا يجدون عالما إلا الرجل بعد الرجل.(أبو نعيم عن بهز بن حكيم عن أبيه عن جده) اه جامع المساند والمراسل

“Akan datang suatu masa pada manusia dimana ulamanya menjadi fitnah, orang-orang bijak menjadi fitnah, masjid banyak dibangun, orang yang hafal al-Qur’an juga banyak, sehingga mereka tidak menjumpai orang alim yang mengamalkan ilmunya kecuali hanya segelintir orang.”

Keterangan lebih lanjut; hadits ini bukan meminta kita untuk berburuk sangka pada ulama serta menuduhnya sebagai ulama yang buruk. Kembali pada hadits pertama dalam tulisan ini yaitu lebih baik duduk; diam tidak terlibat menebarkan fitnah di masa fitnah. Lagi pula hadits nabi tidak boleh seenaknya dijadikan dalih untuk mengotori orang lain. Sebab boleh jadi fitnah itu muncul dari diri kita sendiri tanpa kita sadari. Perlu kajian mendalam dalam memahami dan menelaah hadits dengan baik, Wallahu a’lam.

قال النبي تكون أربع فتن الأولى يستحل فيها الدم والثانية يستحل فيها الدم والمال والثالثة يستحل فيها الدم والمال والفرج والرابعة الدجال. نعيم بن حماد عن عمران بن حصين اه جامع المسانيد والمراسل وكنوزالحقائق

“Akan terjadi empat fitnah: 1. Dihalalkannya darah (pembunuhan) 2. Dihalalkannya darah dan harta. 3. Dihalalkannya darah, harta, dan kemaluan. 4. Bertemu dajal “

Banyak hadits-hadits nabi yang lain yang berkaitan dengan fitnah di akhir zaman. Tulisan diatas hanya fokus menyebutkan sebagian kecil tentang fitnah yang disebutkan nabi yang saat ini sangat penting kita ingat kembali.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *