Artikel

MENGEJAR NIKMAT UKHRAWI

Umat Islam dalam segala aspek kehidupannya, terlebih dalam aspek ukhrawi dituntut untuk mengikuti jejak para nabi, para sahabat, para ulama dan orang-orang Sholih. Itulah sebabnya kita dituntut pula untuk selalu memohon agar diberi petunjuk menuju jalan orang-orang lurus, yaitu orang yang diberi nikmat, seperti disebutkan dalam surah Al-Fatihah yang didalam ayatnya mengandung doa begini:

اهدنا الصراط المستقيم صراط الذين أنعمت عليهم غير المغضوب عليهم ولاالضالين

“Tunjukkanlah kami jalan yang lurus yaitu jalan orang-orang yang kau beri nikmat, bukan jalan orang-orang yang dimurkai dan bukan pula jalan orang-orang tersesat”
(QS: Al-Fatihah, 07)

Jelas maksud “jalan orang-orang yang lurus” disini bukan politikus, akademisi, tokoh terkenal atau siapapun semacamnya yang meskipun karirnya berjalan mulus, tapi obsesinya hanya ingin kepuasan dan ketenaran duniawi. Jalan lurus disini tentu maksudnya adalah mereka yang orientasi hidupnya ukhrawi seperti para ulama dan sesamanya. Sehingga kata “nikmat” yang dimaksud pada ayat berikutnya juga orintasinya sama, bukan nikmat dalam arti kesenangan duniawi.

Imam al-Qurtubi dalam tafsirnya mengutip pandangan ulama yang menyebutkan bahwa yang dimaksud jalan yang lurus itu adalah nabi Muhammad dan para sahabatnya. Ulama yang lain menafsirkannya sebagai agama Islam (Din al-Islam). Sementara arti nikmat dalam kelanjutan ayat diatas kurang lebih sama, menurut imam al-Qurtubi maksudnya “orang-orang yang dikaruniai nikmat oleh Allah” itu adalah para nabi, ulama, orang-orang Sholih dan semacamnya.

Sebagai manusia, kita tentu sangat ingin mendapatkan anugerah besar berupa nikmat dari Allah, tapi esensi dari makna nikmat itu sendiri harus kita pahami bahwa nikmat yang hakiki bukanlah kesenangan duniawi yang selalu dikejar oleh kita. Nikmat besar yang seharusnya kita kejar adalah nikmat spiritual atau nikmat iman, nikmat yang sama seperti yang dikaruniakan Allah pada para nabi, ulama dan orang-orang Sholih.

Oleh: Moh. Jufriadi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *