Kajian

MENGHAYATI SPIRIT HIDUP DARI AL-QUR’AN

Betapa sering kita lupa untuk sesekali menghayati kandungan al-Quran yang kita baca setiap hari. Betapa sering kita lalai untuk sesekali menghayati kandungan ayat suci al-Qur’an yang kerap kita baca selama ini. Pada bulan suci ini, sejenak saya ajak pembaca untuk meresapi sepotong ayat dalam al-Qur’an yang mungkin sering kita baca.

Sering kita membaca ayat ini;
فإذا فرغت فانصب.
“Maka apabila kamu telah selesai (dari sesuatu urusan), kerjakanlah dengan sungguh-sungguh (urusan) yang lain”.

Bagaimana maksud sebenarnya ayat tersebut.

Menurut Ibnu Abbas, Qotadah, Ad-Dahhak, Muqatil dan Al-Kalbi ayat tersebut menjelaskan bahwa apabila kita sudah selesai menunaikan kewajiban ibadah sholat fardhu, kita diperintahkan untuk segera melanjutkan ibadah berikutnya yaitu berdoa kepada tuhan dengan penuh harap.

Abdul Wahab bin Mujahid dari ayahnya mengatakan “Ketika kamu sholat, bersungguh-sungguhlah dalam berdoa dan memohon kepada Allah”.

Pandangan menarik muncul dari Mansur dari Mujahid, beliau mengatakan “kalau kamu sudah selesai dari urusan duniawi, segeralah beribadah dan menunaikan sholat”.

Walhasil,
Jika kita bersegera menunaikan kewajiban demi kewajiban sesuai spirit al-Qur’an yang disebutkan diatas (baik dari aktivitas duniawi ke ukhrawi atau ukhrawi ke ukhrawi berikutnya) maka Stay At Home tidak akan membosankan ruang gerak kita di rumah. Selain berpahala, aktivitas ibadah yang kita lakukan secara berkesinambungan itu akan membuat hidup penuh berkah. |
Moh. Jufriad

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *