Berita

MURID TINGKAT SHIFIR MELAKSANAKAN IMDA II

Karangdurin.net – Murid Madrasah Miftahul Ulum tingkat Shifir Pondok Pesantren Miftahul Ulum Karangdurin melaksanakan Imtihan Dauri II (Imda II) yang dimulai sejak hari Kamis, (19/12). Ujian ini berlangsung selama 11 hari dan akan selesai pada hari Selasa, (31/12). Pelaksaan ujian untuk tingkat Shifir ini dilaksanakan pada waktu pagi yaitu mulai pukul 06:00 WIS s.d pukul 07:00 WIS.

Dok. Media Center Karangdurin/MCK
Keterangan Gambar: Salah satu murid Shifir B-2 sedang fokus menyetorkan hafalan kepada juri

Tujuan dilaksanakannya Imda (Imtihan Dauri) bagi kelas Shifir ini adalah untuk mengukur dan mengevaluasi kemampuan murid setelah melaksanakan Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) selama 3 bulan terhitung sejak tanggal 23 Muharram 1441 s.d 21 R. Tsani 1441 H.

Dok. Media Center Karangdurin/MCK
Keterangan Gambar: Murid Shifir B-1 sedang menunggu giliran untuk menyetorkan hafalannya

Tingkat/jenjang pendidikan ditingkat Shifir dibagi menjadi dua tingkatan yaitu Shifir A khusus murid Shifir yang baru masuk dan Shifir B khusus murid Shifir pindahan dari Shifir A atau yang biasa disebut dengan kelas I’dadiyah atau kelas persiapan untuk melanjutkan pendidikan ke tingkat Ibtidaiyah. Adapun sistem pendidikan ditingkat Shifir ini dilaksanakan secara klasikal seperti madrasah yang lain pada umumnya, tetapi ditingkat Shifir ini lebih difokuskan pada praktek. Seperti praktek membaca dengan baik, menulis dengan benar dan lain-lain. Menurut struktur organisasi, Madrasah Miftahul Ulum tingkat Shifir ini berada di bawah koordinasi Kepala Madrasah Ibtidaiyah Pondok Pesantren Miftahul Ulum Karangdurin.

Dok. Media Center Karangdurin/MCK
Keterangan Gambar: Sebagian murid Shifir B-1 PPK

Pada umumnya, murid Madrasah Miftahul Ulum tingkat Shifir terdiri dari santri yang mukim di Pondok Pesantren Miftahul Ulum Karangdurin (Dakhili) dan terdiri dari warga sekitar pondok pesantren atau yang biasa disebut dengan murid Khoriji/LPPK. @CakAnief

Dok. Media Center Karangdurin/MCK
Keterangan Gambar: Murid Shifir B-1 sedang mengikuti praktek ujian membaca dengan baik dan benar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *