Berita

PELUANG STUDI KE TIMUR TENGAH, SANTRI PUTRI IKUTI KULIAH UMUM

Karangdurin.net – Sabtu, (13/02) Kuliah Umum untuk studi ke Timur Tengah kembali digelar di Pondok Pesantren Miftahul Ulum Karangdurin. Sebelumnya, kuliah ini diselenggarakan di gedung An-Nahdhah dan diikuti oleh santri putra (04/01). Untuk kedua kalinya, studi kuliah ke Timur Tengah disosialisasikan untuk santri putri PPK.

Pada kuliah umum untuk studi ke Timur Tengah yang digelar di mushalla putri ini, santri putri sangat antusias menyimak penyampaian Ustadz Cholis Waidi, Lc. salah satu alumni PPK dan lulusan Cairo University, Mesir. Beliau menyampaikan secara utuh informasi penting tentang Timur Tengah yang akan menjadi tujuan studi para santri. Seperti penyampaian sebelumnya bahwa studi ke Timur Tengah yang direkomendasikan meliputi lima negara yaitu: Mesir, Sudan, Yaman, Lebanon dan Maroko.

Alumni Universitas Al-Azhar, Cairo, Mesir itu memberikan informasi yang cukup akurat tentang situasi Timur Tengah yang selama beberapa tahun terakhir mengalami gesekan politik yang cukup panas.

Beliau menjelaskan kembali bahwa santri yang ingin melanjutkan studinya ke sana harus paham betul situasi yang ada di Timur Tengah, baik secara sosial, politik, dan kultur/budaya yang semuanya telah mengalami banyak perubahan. Lulusan S2 di salah satu Universitas ternama di Malaysia tersebut juga menjelaskan bahwa hal yang sangat penting untuk diperhatikan sebelum melanjutkan studi ke Timur Tengah adalah santri harus teguh dalam memegang prinsip keislaman dan kebangsaan, sehingga tidak goyah dan tidak terpengaruh oleh aliran-aliran yang menyimpang dari manhaj Ahlussunnah wal Jama’ah (Aswaja) serta tetap konsisten dalam menjaga dan mempertahankan ideologi bangsa ketika sudah pulang ke tanah air.

“Hal yang paling penting ketika studi ke Timur Tengah adalah teguh dalam memegang prinsip keislaman dan kebangsaan”. Tutur beliau.

Tujuan disosialisakannya studi ke Timur Tengah ini kepada santri putri, karena Khadim al-Ma’had PPK, KH. Ach. Fauzan Zaini sangat berharap santri putri juga memiliki peluang yang sama untuk melanjutkan studi keilmuannya ke Timur Tengah. Seperti yang pernah beliau sampaikan pada sosialisasi kuliah umum sebelumnya bahwa beliau sangat berharap santri Pondok Pesantren Miftahul Ulum Karangdurin memiliki keilmuan yang luas sesuai tantangan zaman yang kelak akan dihadapi.

Kuliah umum ini dimulai sejak pukul 08:00 Wib dan berakhir pukul 10:00 Wib. Sosialisasi yang diikuti oleh semua siswi tingkat MA ini, berjalan dengan normal dan lancar. | Moh. Jufriadi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *