Berita

PEMENTASAN 10 BESAR BACA KITAB TERBAIK IMDA II

Karangdurin.net – Pasca pelaksanaan Imtihan Dauri II (IMDA II), Panitia IMDA baik ditingkat Ibtidaiyah dan Tsanawiyah menggelar pementasan 10 besar terbaik baca Kitab IMDA II pada malam Rabu, (07/01). Pementasan tingkat Ibtidaiyah ditempatkan di Aula gedung al-Ittihad dan tingkat Tsanawiyah bertempat di Aula gedung an-Nahdhah Pondok Pesantren Miftahul Ulum Karangdurin.

Tujuan digelarnya pementasan baca kitab terbaik ini adalah untuk betul-betul menyeleksi 10 murid/peserta yang sudah masuk nominasi terbaik baca kitab yang nantinya akan dinobatkan sebagai murid terbaik dibidang baca kitab pada IMDA II kali ini. Selain itu, agar murid yang nantinya dinobatkan sebagai terbaik baca kitab juga betul-betul mempunyai kemampuan membaca kitab yang baik serta sesuai dengan yang diharapkan.

Materi pementasan baca kitab di tingkat Ibtidaiyah pada IMDA II kali ini berbeda dengan pementasan tahun-tahun sebelumnya karena materinya diambilkan dari kitab diluar kurikulum madrasah yaitu kitab Nihayatuz Zain Fii Irsyadi al-Mubtadiin karya Syaikh Abu Abdil Mu’thi Muhammad Nawawi bin Umar al-Banteni al-Jawi yang biasa dikenal dengan Imam Nawawi al-Banteni. Pengarang kitab ini berasal dari kampung Tanara, Provinsi Banten.
Sedangkan untuk tingkat Tsanawiyah materi pementasannya diambilkan dari kitab Syarhu al-Tahrir Alaa Tuhfah al-Thullab karangan Syaikh al-Islam al-Imam Zakariya al-Anshori, sesuai dengan batas IMDA II yang ada di kelasnya masing-masing. Dimana kitab ini merupakan kurikulum wajib yang harus dipelajari ditingkat Tsanawiyah.

Pementasan baca kitab ini dimulai setelah berjama’ah sholat Isya’ dan selesai sekitar pukul 23:00 Wib. @CakAnief

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *