Penerimaan Santri/Murid Baru

PENDAFTARAN ONLINE SANTRI-MURID BARU PONDOK PESANTREN MIFTAHUL ULUM KARANGDURIN

Ketentuan Pendaftaran Santri-Murid Baru
Pondok Pesantren Miftahul Ulum Karangdurin
Masa Khidmat 1441-1442 H

  1. Sowan kepada Majelis Keluarga Pondok Pesantren Miftahul Ulum Karangdurin dengan diantar oleh wali/wakil walinya.
  2. Sanggup melaksanakan semua tata tertib pondok pesantren dan/atau peraturan MMU serta ketentuan lain yang ditetapkan oleh pengurus.
  3. Mengikuti penjelasan dan ikrar santri/murid baru yang dilaksanakan oleh pengurus (waktu kondisinal).
  4. Berambut pendek dan rapi (samping: tidak menyentuh daun telinga; belakang: tidak menyentuh kerah baju serta mengenakan baju yang rapi dan sopan).
    Memenuhi persyaratan administrasi yang dibutuhkan berupa:
  5. Melunasi uang pangkal saat pendaftaran.
    Membayar ianah maslahah sedikitnya 50 %.
  6. Melunasi sisa ianah maslahah pada waktu kembali libur maulid.
  7. Melampirkan foto copy KK, akta lahir, ijazah formal atau surat keterangan lulus.
  8. Mengikuti tes masuk MMU kecuali murid yang berasal dari ranting dengan melampirkan surat keterangan dari Kepala MMU Ranting setempat (surat mutasi dan raport).
  9. Berdomisili di daerah (asrama) yang disediakan pondok pesantren kecuali yang berdomisili di salah satu kediaman Majelis Keluarga pesantren.

WAKTUDAN TEMPAT PENDAFTARAN
Pendaftaran santri baru dibagi dalam tiga gelombang dengan rincian:
Gelombang I : Mulai tanggal 08 s.d. 25 Ramadlan pukul 07.30 s.d. 03.30 WIS
Gelombang II : Mulai tanggal 26 Syawal s.d 25 Dzul Qodah pukul 07.30 s.d. 03.30 WIS.
Gelombang III : Mulai tanggal 26 Dzul Qodah sampai dengan batas waktu sesuai kebijakan pengurus.
Pendaftaran santri/murid baru bertempat di kantor sekretariat (Office Center) Pondok Pesantren Miftahul Ulum Karangdurin setiap hari aktif, Sabtu s.d. Kamis atau melalui Website resmi Pondok Pesantren Miftahul Ulum Karangdurin “karangdurin.net”
Hari Jumat dan hari-hari besar Islam libur.

WAKTU DAN TEMPAT PENDAFTARAN SANTIR HD MURID BARU
Pendaftaran santri/murid baru dibagi dalam tiga gelombang dengan rincian:

Gelombang I : Mulai tannggal 14 s.d. 30 Syawal pukul 10.00 s.d. 02.00. WIS.
Gelombang II dimulai tanggal 01 s.d 05 Dzulqadah pukul 07.30 s.d. 03.30 WIS.
Pendaftaran bertempat di Kantor Sekretariat sesuai instansi masing-masing.

SYARAT PENDAFTARAN

  • Dipasrahkan/diantar oleh walinya/wakil walinya. formulir pendaftaran yang disediakan di Kantor Sekretariat.
  • Melengkapi berkas administrasi yang diperlukan.
  • Bersedia menempati kamar yang disediakan/ditentukan oleh pengurus.
  • Khusus Warga Negara Asing (WNA) harus melampirkan foto kopi passport dan/KITAS (kartu izin tinggal terbatas).

PELAKSANAAN TES MASUK MMU
Ketentuan tes masuk MMU ditetapkan oleh panitia penerimaan murid dikantor MMU masing-masing.
Pelaksanaan tes masuk MMU dibagi dalam beberapa gelombang dengan rincian:
Tes Masuk Gelombang I : Tanggal 25. s.d. 28 Syawal, pukul 21.00.
Tes Masuk Gelombang II : Tanggal 01 s.d. 09 Dzulqadah, pukul 21.00.
Tes Masuk Gelombang III : Dilaksanakan setiap dua pekan sesuai jadwal yang ditetapkan.
Materi tes masuk MMU berjumlah dua atau tiga materi, sesuai jenjang masing-masing.

Calon santri/murid baru yang masuk ke MMU tanpa melalui jalur tes dapat dilayani sewaktu-waktu di ruang kerja Panitia Tes Masuk MMU (kantor MMU), pukul 08.00 s.d. 10.30 Wis (malam).
Hal-hal yang kurang jelas dapat ditanyakan pada panitia P2SMB di Kantor Sekretariat atau petugas bagian tes masuk MMU.

KETENTUAN LAIN BAGI SANTRI DAN MURID BARU

  • Santri/murid wajib mematuhi tata tertib Pondok Pesantren Miftahul Ulum Karangdurin dan Madrasah Miftahul Ulum dan ketentuan lain yang ditetapkan oleh Pengurus Pondok Pesantren Miftahul Ulum Karangdurin.
  • Santri/murid yang terbukti melakukan pelanggaran yang dapat mencemarkan nama baik pondok pesantren/MMU dapat diserahkan kembali kepada walinya (diberhentikan).
  • Mengikuti penjelasan dan ikrar santri/murid baru yang dilaksanakan oleh pengurus.
  • Sanggup menyelesaikan pendidikan di pondok pesantren minimal lulus dan mendapatkan ijazah di MMU Madrasah Aliyah Diniyah (MAD).
  • Santri yang hendak pulang/pergi wajib membawa surat izin resmi dan sah dari pengurus pesantren.Santri/murid yang terbukti melanggar peraturan pondok pesantren yang dianggap berat dapat tidak dinaikkan kelas dan/atau tidak diluluskan IMNI.
  • Santri yang terlambat dari ketentuan izin pulang/pergi sampai 3 (tiga) bulan tanpa ada izin resmi, dianggap berhenti dari pondok pesantren. Dan jika akan kembali ke pondok, maka wajib mendaftar sebagaimana santri baru.Santri/murid yang jumlah absensinya mencapai 50%, maka tidak diperbolehkan mengkuti IMDA dan/atau IMNI.
  • Murid yang terlambat dari ketentuan izin tidak masuk madrasah sampai 30 hari tanpa ada pemberitahuan dari wali/wakil wali maka dianggap berhenti. Dan jika akan kembali masuk ke MMU, maka harus mendaftar ulang sebagaimana murid baru.
  • Santri/murid yang akan berhenti wajib dimintakan izin oleh wali/wakil walinya kepada Khadim al-Mahad dan Ketua Umum serta mengikuti prosedur izin boyong secara resmi dan lengkap.
  • Wali santri/murid wajib mempertanggungjawabkan/memasrahkan putra-putrinya kepada kepala daerah atau kepala madrasah jika terlambat dari ketentuan izin pulang/pergi atau izin tidak masuk madrasah.
  • Wali santri yang akan mengizinkan putra-putrinya karena ada kepentingan yang bersifat darurat agar menghubungi langsung kepala daerah dengan menunjukkan Kartu Wali Santri (KWS). Wali santi agar memeriksa surat izin putra-putrinya yang pulang dan menyuruhnya kembali ke pondok pesantren tepat pada tanggal yang ditetapkan oleh pengurus.
  • Orang tua/famili perempuan yang ingin mengirim atau menjenguk putra-putrinya ke pondok pesantren agar mengenakan pakaian (busana) muslimah.

Untukmenghindarial-hal yang tidak diinginkan seperti boros, hilangnya uang, maka wali/wakil wali hendaknya menitipkan uang kiriman/bekal putra-putrinya pada kepala daerah atau kepala kamarnya.

  1. Wali santri/murid agar menyuruh dan menganjurkan putra/putrinya untuk berbelanja segala kebutuhannya di Kopontren al-Kautsar. Sebab kopontren telah menyediakan segala macam kebutuhan santri; baik alat-alat sekolah seperti kitab pelajaran, buku, bulpen, seragam sekolah, alat-alat mandi dan kebutuhan lainnya.
  2. Wali santri atau wali murid agar mendorong putra-putrinya untuk berpakaian sederhana (tidak membawa pakaian, sarung, baju, jam tangan dan lain-lain yang mahal). Untuk melatih santri agar biasa hemat, wali santri/wakilnya agar menganjurkan putra-putrinya untuk menabung di pondok pesantren sesuai dengan ketentuan pengurus yang berlaku.
  3. Wali santri/murid dimohon ikut terlibat dalam menjaga akhlakul karimah putra-putrinya terutama ketika berada di rumah.
  4. Wali santri/murid dimohon untuk ikut mendoakan putra-putrinya yang sedang menimba ilmu agar dapat meraih ilmu yang barokah manfaat serta menjadi orang yang berguna kelak ditengah-tengah masyarakat.
  5. Wali santri/murid dimohon untuk membekali putra-putrinya dengan bekal yang halal.

LAIN-LAIN
Santri/murid yang berprestasi pada Imtihan Nihai (IMNI) akan mendapatkan subsidi biaya ianah maslahah jika melanjutkan pendidikan ke pondok pesantren dengan menunjukkan surat kuasa dari pengurus yang berwenang.
Adapun rinciannya sebagai berikut:
Juara I 100 %
Juara II 75 %
Juara III 50 %
Murid yang mendapat juara I baca kitab pada Muammar MMU ranting Pondok Pesantren Miftahul Ulum Karangdurin akan mendapatkan subsidi ianah maslahah 100 % jika melanjutkan pendidikan ke Pondok Pesantren Miftahul Ulum Karangdurin dengan menunjukkan surat kuasa dari pengurus yang berwenang.
Bila terdapat hal-hal yang kurang jelas atau membutuhkan informsai yang lebih detail, atau mendengar informasi yang sifatnya merugikan Pondok Pesantren Miftahul Ulum Karangdurin harap menghubungi pengurus baik datang secara langsung maupun tidak.

Klik link ini di bawah ini untuk pendaftaran Online Santri dan Murid baru:

https://bit.ly/pendaftaranonlinesantribaru

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *