Sejarah

icon

Sejarah Kami

Pembina Pondok Pesantren Pondok Pesantren Miftahul Ulum Karangdurin dibina oleh Al-Maghfurlah KH Badruddin Bin Nashruddin pada bulan Dzul Hijjah 1378 H atau bertepatan tahun 1957 M. KH. Badruddin bin Nasruddin adalah cucu KH. Istbat bin Ishak Pendiri Pondok Pesantren Banyanyar Pamekasan dan nasabnya bersambung pada Sunan Giri, salah satu tokoh Wali Songo yang sangat legendaris itu. Nama Karangdurin berasal dari sebutan sebuah tempat yang saat itu penuh dengan pohon duren.

Asal Usul Karangdurin

Saat didirikan itu, Pondok Pesantren Miftahul Ulum Karangdurin masih terdiri dari kawasan hutan belantara, semak belukar disana sini dan kondisi sosial sedang tragis, kemunkaran disana sini. Pondok Pesantren Miftahul Ulum Karangdurin dibangun berdasarkan permintaan Nyi Darmah (Nyi Sriye) untuk menempati sebidang tanah kosong untuk dibangun pondok pesantren. Nyi Darmah adalah perempuan jumpo tua yang tidak mempunyai keturunan. Dengan demikian, Nyi Darmah sangat ingin lahannya dapat bermanfaat pada agama dan masyarakat untuk didirikan lembaga pendidikan agama, yaitu pondok pesantren.

Setelah itu, KH Badruddin bin Nashruddin berusaha untuk mengabulkan permohonan ibu tua tersebut dan yang akan ditunjuk untuk menjadi Pengasuh di tempat anker adalah KH Abd. Mu’thi Badruddin. Karena waktu itu, KH Moh. Sholeh Badruddin masih nyantri di pesantren Sidogiri, Pasuruan. Namun takdir berkata lain, ternyata KH Abd. Mu’thi Badruddin tidak berumur panjang. Dan yang menempati lahan kosong Nyai Darmah itu adalah KH. Moh. Sholeh Badruddin. Dengan demikian, secara resmi Pondok pesantren Miftahul Ulum Karangdurin Tlambah Karangpenang Sampang dirintis oleh al-Maghfurlah KH Badruddin bin Nashruddin. Beliau kemudian memerintahkan putra KH Moh. Sholeh Badruddin untuk mengelola pondok pesantren yang baru dirintis tersebut sebagai lembaga pendidikan agama. Pondok Pesantren Miftahul Ulum Karangdurin didirikan dengan tujuan untuk menyebarkan ilmu Allah dan untuk mencetak hamba Allah yang shaleh.

Pengasuh

Pertama

Sekitar bulan Dzul Hijjah 1378 H atau bertepatan tahun 1957 M al-Maghfurlah KH. Moh. Sholeh Badruddin ditunjuk sebagai pengasuh pertama oleh abahnya Al-Maghfurlah KH. Badruddin Mudatsir kurang lebih selama 25 tahun.

Kedua

Tahun 1996 al-Maghfurlah KH. Moh. Sholeh Badruddin wafat. Dan secara otomatis al-Karim KH Ach. Zaini Sholeh, putra pertama beliau ditunjuk sebagai pengasuh sampai tahun 2011 M (kurang lebih 15 tahun lamanya).

Saat ini

Sejak tanggal 16 Jumadil Ula 1432 H bertepatan dengan tahun 2011 M, pengasuh ketiga dilimpahkan kepada KH. Ach. Fauzan Zaini dan KH. Moh. Khoiron Zaini (sebagai ketua umum) sampai saat ini.

Madrasah Miftahul Ulum

Tahun 1379 H/1961 M Madrasah Miftahul Ulum berdiri atas inisiatif Al-Maghfurlah KH. Moh. Sholeh Badruddin Kurikulum yang dibunakan adalah kitab salaf dan dilaksanakan secara klasikal. Sampai saat ini, kelas dan jenjang MMU terdiri empat jenjang :

  1. Shifir, selama dua tahun
  2. Ibtidaiyah, selama enam tahun
  3. Tsanawiyah, selama tiga tahun
  4. Aliyah Diniyah selama dua tahun

Perkembangan Selanjutnya

  1. Madrasah Aliyah Diniyah (MAD) didirikan oleh KH. Ach. Zaini Sholeh tahun 2006 M (saat itu hanya kelas samapi satu (1).
  2. Tahun 2018 M/1439 H kelas Madrasah Aliyah Diniyah (MAD) ditingkat ke sampai kelas II.

Hal ini merupakan inisitaf Majelis Keluarga yakni KH. Ach. Fauzan Zaini dan KH. Moh. Khoiron Zaini.