Kajian

TIDAK BISA NAIK HAJI KARENA PANDEMI, INI AMALAN PENGGANTINYA

  1. Mendatangi Masjid untuk menimba ilmu.

مَنْ غَدَا إِلَى الْمَسْجِدِ لا يُرِيدُ إِلا أَنْ يَتَعَلَّمَ خَيْرًا أَوْ يَعْلَمَهُ، كَانَ لَهُ كَأَجْرِ حَاجٍّ تَامًّا حِجَّتُهُ (رواه الطبراني)
“Siapa yang pergi ke masjid untuk belajar kebaikan atau mengajarkan kebaikan, maka ia berhak mendapat pahala orang berhaji yang sempurna ibadah hajinya” (HR. Thabrani)

  1. Mendatangi Masjid untuk Menunaikan shalat mauktubah dalam kondisi berwudhu.

مَنْ خَرَجَ مِنْ بَيْتِهِ مُتَطَهِّرًا إِلَى صَلاَةٍ مَكْتُوبَةٍ فَأَجْرُهُ كَأَجْرِ الْحَاجِّ الْمُحْرِمِ وَمَنْ خَرَجَ إِلَى تَسْبِيحِ الضُّحَى لاَ يُنْصِبُهُ إِلاَّ إِيَّاهُ فَأَجْرُهُ كَأَجْرِ الْمُعْتَمِرِ (رواه ابو داود)
Siapa yang keluar rumah dalam keadaan berwudu untuk menunaikan salat fardu, maka pahalanya setara dengan pahala orang berhaji yang mengenakan ihram. Dan sesiapa yang keluar untuk menunaikan salat duha, dan hanya bertujuan untuk itu, maka pahalanya setara dengan pahala orang menunaikan umroh”. (HR. Abu Dawud)”

  1. Menunaikan Salat subuh berjamaah di Masjid dan beriktikaf sampai waktu duha.

مَنْ صَلَّى الْغَدَاةَ فِي جَمَاعَةٍ ثُمَّ قَعَدَ يَذْكُرُ اللَّهَ حَتَّى تَطْلُعَ الشَّمْسُ ثُمَّ صَلَّى رَكْعَتَيْنِ كَانَتْ لَهُ كَأَجْرِ حَجَّةٍ وَعُمْرَةٍ تَامَّةٍ تَامَّةٍ تَامَّةٍ (رواه الترمذي)
Siapa yang salat subuh berjamaah, lalu duduk sambil berzikir hingga matahari terbit, kemudian salat dua rakaat, maka ia berhak mendapat pahala setara dengan pahala haji dan umroh, dengan pahala yang sempurna, sempurna, sempurna (HR Al Turmudzi)”

  1. Shalat Jumat
    الجمعة حج المساكين (رواه الديلمي)
    Salat Jumat merupakan ibadah haji bagi orang-orang miskin”(HR. Al Dailami)
  2. Berbakti kepada orang tua.

عن أنس قال: أتى رجل النبي فقال: إني أشتهي الجهاد ولا أقدر عليه قال: هل بقي من والديك أحد؟ قال: أمي، قال: فأبل الله من برّهما، فإذا فعلت ذلك فأنت حاج ومعتمر ومجاهد (رواه الطبراني)
Diriwayatkan dari Anas bin Malik: ada seseorang mendatangi Nabi Muhammad Saw dan berkata: Sungguh aku sangat ingin pergi berjihad, namun apa adanya saya tidak mampu. Apakah salah seorang dari kedua orang tuamu masih ada? Tanya Rasulullah Saw. Ibuku. Jawabnya.Rasulullah Saw: bertakwalah kepada Allah Swt dengan berbakti kepada orang tuamu, jika kamu melakukan itu, niscaya engkau seperti orang berhaji, umrah dan berjihad”(HR. Thabrani)

  1. Membantu memenuhi hajat (Keperluan) orang lain

قال الحسن البصري: مشيك في حاجة أخيك المسلم خير لك من حجة بعد حجة
Hasan Al Basri: Langkahmu untuk membantu memenuhi hajat hidup saudara muslimmu lebih utama dari ibadah haji sunnah (haji kedua dan seterusnya)”

Oleh: Cholis Waidi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *