Berita

TINGKATKAN PRESTASI MENUJU SUKSES WISUDA, BANSUS TAHFIDZ LAKSANAKAN TES PRA WISUDA

Karangdurin.net – Pembantu Khusus (BANSUS) Tahfidz yang menangani Tahfidz al-Kutub dan Tahfidz al-Quran dan secara struktural menjadi bawahan dari Kepala Bagian (KABAG) Takhassus Pondok Pesantren Miftahul Ulum Karangdurin (PPK), pada Kamis, (19/06/41) laksanakan tes tulis pra wisuda untuk santri penghafal kitab (anggota Tahfidz al-Kutub).

Dok. Media Center Karangdurin/MCK

Kegiatan tes yang dilaksanakan di depan Daerah C tersebut diikuti oleh sejumlah santri (anggota Tahfidz al-Kutub) penghafal Nadzm al-Maqshud saja, Nadzm al-Maqshud dan Nazm al-Imrithi dan penghafal Nadzm Alfiyah Ibn Malik.

Sebagaimana penuturan Ustadz Mohammad Aliy Sajuri selaku BANSUS Tahfidz bahwa pada tahun ajaran 1440/1441 H. jumlah santri yang diterima sebagai anggota Tahfidz al-Kutub ada sebanyak 22 dengan rincian: 7 anggota konsentrasi menghafal kitab Nadzm al-Maqahud saja. 8 anggota konsentrasi menghafal kitab Nadzm al-Maqshud dan Nadzm al-Imrithi sekaligus, dan 7 anggota konsentrasi menghafal kitab Nadzm Alfiyah Ibn Malik.

Dok. Media Center Karangdurin/MCK

Menurutnya, kegiatan tes tulis pra wisuda tersebut dilaksanakan untuk menjalankan amanah program kerja dari KABAG Takhassus yang membawahi tiga instansi pendidikan; Program Khusus (PK) Al-Miftah Lil Ulum, Pasca PK Al-Miftah dan Tahfidz, bahwa semua BANSUS instansi pendidikan di bawah KABAG Takhassus wajib melaksanakan kegiatan tes Pra Wisuda di instansi masing-masing.

Ia juga menjelaskan bahwa selain tes tulis, nanti juga akan dilaksanakan tes lisan yang dari dua model tes ini dimaksudkan untuk mengevaluasi secara mendalam terhadap prestasi belajar anggota Tahfidz al-Kutub yang telah dicapai sejauh ini, baik dari sisi hafalannya maupun pemahamannya.

Dok. Media Center Karangdurin/MCK

“Kita mengupayakan anak-anak Tahfidz tidak hanya hafal bait-nya dari awal hingga akhir kitab, tetapi juga mampu memahami maksud per-bait, mampu menerapkannya ke kitab kuning, hingga mampu dalam hal-hal yang cukup rumit, seperti mampu menyebut nomor urut bait tertentu dihitung dari bait pertama maupun dari bait terakhir”. Paparnya.

Sementara itu, Ustadz Ghafir Maulana, selaku KABAG Takahassus menyebutkan bahwa diadakannya program tes prawisuda di semua instansi bawahan Takhassus baik PK, Pasca PK dan Tahfidz tidak lain sebagai bentuk evaluasi belajar sekaligus sebagai persiapan menjelang tes wisuda yang akan dilaksanakan bulan depan.

Dok. Media Center Karangdurin/MCK

“Kita ingin semua peserta didik kita di PK, Pasca PK dan Tahfidz sukses dzahiran wa bathinan sebelum dan setelah diwisuda sesuai dengan yang kita harapkan bersama”. Pungkasnya.

Kegiatan yang berlangsung dalam durasi waktu 60 menit (dari pukul 06:00 – 07:00 WIS) tersebut berjalan dengan sangat baik dan kondusif. | Hanif Noer Kholis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *