SELAMAT DATANG

WEBSITE RESMI PONDOK PESANTREN MIFTAHUL ULUM KARANGDURIN

MULAI

KREATIF

INOVATIF

MULAI

SELAMAT MENIKMATI

SUGUHAN BERITA TERHANGAT DARI KAMI

MULAI

MASYAYIKH

Pondok Pesantren Miftahul Ulum Karangdurin

MULAI
Karangdurin.Net
icon

Tujuan

Tujuan utama Pondok Pesantren Miftahul Ulum Karangdurin adalah mencetak hamba Allah yang sholeh sesuai dengan takrif santri yang didefinisikan oleh al-Maghfurlah KH. Hasani Nawawie Sidogiri.

اَلسَّنْترِي بِشَاهِدِ حَالِهِ هُوَ مَنْ يَعْتَصِمُ بِحَبْلِ اللهِ الْمَتِيْنِ وَيَتَّبِعُ سُنَّةَ الرَّسُوْلِ اْلاَمِيْنِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَمَّ وَلاَيَمِيْلُ يُمْنَةً وَلاَيُسْرَةً فِى كُلِّ وَقْتٍ وَحِيْنٍ. هَذَا مَعْناَهُ بِالسِّيْرَةِ وَالْحَقِيْقَةِ لاَيُبَدَّلُ وَلاَيُغَيـَّــرُ قَدِيْمًا وَحَدِيْثاً. وَاللهُ اَعْلَمُ بِنَفْسِ اْلاَمْرِ وَحَقِيْقَةِ الْحَالِ

Artinya:
“Berdasarkan peninjauan tindak langkahnya, santri adalah orang yang berpegang teguh pada Al-Quran dan mengikuti Sunnah Rasul SAW serta teguh pendirian. Ini adalah arti dengan bersandar sejarah dan kenyataan yang tidak dapat diganti dan diubah selama-lamanya. Allah-lah yang Maha Mengetahui atas kebenaran sesuatu dan kenyataannya.”
Jenis-jenis Kegiatan.

  1. Kegiatan harian. Meliputi jamaah shalat 5 waktu, pembacaan wirid, shalat-shalat faraidl dan shalat nawafil, pengajian kitab kuning, pembacaan shalawat nabi, manaqib, taklim al-Quran, pembinaan baca kitab, gerak batin (istigatsah), jam belajar, musyawarah kitab kuning, musyawarah pelajaran madrasah, kursus pembekalan aswaja, kajian keislaman, lembaga pengembangan bahasa Arab, Inggris dan sebagainya.
  2. Kegiatan pekanan dan bulanan. Meliputi bathsul masail lintas pesantren, kursus kaligrafi Arab, latiham pidato, pendidikan shalat, penerbitan majalah, buletin, mading, olahraga, kursus komputer, seni bela diri, seminar ilmiah dan seni hadrah.
  3. Kegiatan berkala lainnya. Meliputi Bathsul Masail Wustha, FPT (Forum Pencari Takbir), beberapa pelatihan dan kursus antara lain; haidl, zakat, ilmu faraidl, pelatihan manasik haji, rukyah hilal (falakiyah), tajhiz al-mayit serta beberapa kegiatan diskusi, seminar ilmiah, diklat jurnalistik, dan penerbitan buku.
    Untuk menunjang dua sistem pendidikan di atas, Pengurus Pondok Pesantren Miftahul Ulum Karangdurin menyediakan perpustakaan al-Risalah sebagai sumber wawasan dan inspirasi bagi santri/murid untuk memperdalam khazanah keilmuan, baik dalam bentuk koleksi kitab dan buku manual atau digital serta koleksi multimedia lainnya.