Berita

UJI KOMPETENSI, MURID ALIYAH DINIYAH MELAKSANAKAN UJIAN PRAKTIK MENGAJAR

Karangdurin.net – Salah satu program tahunan Madrasah Aliyah Diniyah (MAD) Pondok Pesantren Miftahul Ulum Karangdurin adalah menggelar ujian praktik mengajar atau Upramer bagi semua murid kelas II MAD atau calon guru tugas. Hal ini sebagai salah satu syarat kelulusan murid Madrasah Aliyah Diniyah.

Kapala Madrasah Aliyah Diniyah, Syamsul Arifin Masyhuri menuturkan bahwa tujuan diadakannya program ini, yaitu agar para murid memiliki pendidikan mental, kepribadian yang disiplin, memiliki karakter dan sikap atau perilaku yang baik sebagai pendidik. Serta bisa memberikan pemahaman kitab kuning dengan baik kepada muridnya ketika melaksanakan tugas mengajar di luar pondok pesantren maupun di dalam pondok pesantren.

Sebelum melakukan ujian praktik mengajar, terlebih dahulu para murid dibimbing cara mengajar dan mendidik seorang murid agar mereka tidak hanya menguasai materi dan metode pengajaran (Thoriqu at-Tadris). Namun semua gerak-gerik, tutur kata, cara berpakaian dan cara penyampaian materi pelajaran yang harus dikuasai dengan baik sehingga para santri yang akan praktik mengajar benar-benar mempersiapkan dirinya dengan matang.

Ujian ini dilaksanakan selama dua hari, mulai tanggal 11-12 Februari 2020 M./16-17 Jumadis Tsani 1441 H. bertempat di gedung MMU an-Nahdhah Pondok Pesantren Miftahul Ulum Karangdurin.

Adapun sistem pelaksanaannya yaitu peserta mengajarkan kitab kuning dengan dijadikan dua tahap, tahap pertama memberikan makna sedangkan tahap kedua memberikan penjelasan kepada murid tentang isi yang terkandung dalam materi yang diajarkan.

Materi yang diajarkan adalah materi fan Fiqhiyah dan Nahwiyah mulai dari kelas lima Ibtidaiyah sampai kelas satu Tsanawiyah dengan rincian.
kelas V Ibtidaiyah (Fathul Qoribul Mujib & Nadzam ‘Imrithi)
Kelas VI Ibtidaiyah (Sullamut Taufiq & Nadzam Alfiyah Ibnu Malik)
dan kelas I Tsanawiyah (Tuhfatut Tullab & Nadzam Alfiyah Ibnu Malik).

Dalam ujian ini, selain pengawasnya diambilkan dari pengurus yang dari dalam PPK. (Dakhili) juga diambilakan pengawas dari para guru senior yang dari luar (Khoriji) bahkan mengundang sebagian pengurus Urusan Guru Tugas (UGT) agar dapat menilai langsung murid aliyah yang akan diberangkatkan tugas keberbagai lembaga pada tahun mendatang.

Hadir sebagai pengawas dari pengurus UGT, Ustadz Moh. Dahri Hadi, Ustadz Wasil, Ustadz Saframo Marwan.

Peserta yang mengikuti ujian paraktik mengajar pada tahun ini sebanyak 78 murid walaupun ada sebagian murid yang tidak ikut karenakan berhalangan. Alhamdulillah pelaksanaan ujian praktik mengajar atau Upramer kali ini berjalan dengan lancar. Semoga menjadi ilmu yang barokah dan manfaat. Aamiin | Syamsul Arifin Masyhuri

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *